Friday, October 29, 2004

Belajar menikmati

Tadi acara buka bersama KMPA dengan Pembimbing-nya, Pak Naya. Acaranya rame dan setelah makan malam, ngobrol-ngobrol dengan Pak Naya. Ada satu kata yang seringkali didengar : "Dimanapun kamu bekerja, nikmatilah pekerjaan itu". Sering didengar tapi dengan mudah keluar dari memori kepala. Tapi ada yang menyangkut di kepala saat dia melanjutkan kata-katanya : "..jadi kalau kuliah pun, nikmatilah belajar itu. Jangan sambil belajar ngutuk-ngutuk dosen yang ngasih pe-er..".
Lalu ingat kerja kerasku sejak hari Kamis pagi. Dibangunkan oleh Mas, aku tetap tidur dan minta dibangunkan sejam lagi. Sementara itu Mas belajar sendiri. Lalu setelah bangun, mandi dan segar, dimulai dengan ngerjakan pe-er. Seharian belajar bareng, mencoba konsentrasi di udara yang sangat panas dan gerah. Setelah makan malam, belajar dilanjutkan lagi. Bahan baru selesai dibabat saat jam 5 pagi. Kuliah jam 7 sampe jam 10 pun ditinggalkan, karena gak tahan ngantuknya. Jam 1 siang, ujian dimulai. Ada 4 soal dan waktu diberikan 3 jam. Sampai waktu berakhir, yang berhasil kukerjakan hanya 1 setengah soal. Lelah, kesal, kecewa.. rasanya belajar tadi malam menjadi sia-sia.
Tapi kata - kata tadi mengingatkanku untuk menikmati kuliahku. Ada beberapa mata kuliah yang kusenangi, dan untuk mata kuliah itu dengan senang hati aku mau belajar dan belajar. Sedangkan kuliah lainnya diikuti dengan ogah-ogahan.

Sulit yah buat belajar menikmati..

No comments: