Saturday, April 01, 2006

Aku salah apa?

Dear diary,
Aku baru saja sampe dikostan. Pengarungan 6 jam tadi siang benar-benar melelahkan. Dalam perjalanan pulang ke Bandung, waktu udah sampai di Simpang Dago aku dibangunin. Itin ngebangunin Lucy karena udah mau turun. Karena udah bener-bener lelah, dan pegal di badan mulai kerasa, aku bilang ke Itin untuk numpang tidur di kostannya malam ini. Tapi aku kaget waktu dia menjawab "udah ada Nunik,Heid". Aku cukup tau diri untuk mengartikan jawaban itu sebagai penolakan dia. Jadi waktu Lucy yang sekostan ama dia bilang, "Udah gakpapa, nginep di-kostan aja. Udah malam gini", aku menolak dan mutusin untuk pulang aja. Jadi aku naik angkot jam setengah 1 malam, jalan kaki dan akhirnya sampe juga di kamar. Sepanjang jalan yang terngiang-ngiang di kepalaku adalah kata-kata Itin yang menolak permintaan aku untuk numpang tidur di kostannya. Jujur aja, rasanya sakit di hati aku. Aku jadi teringat lagi ke perasaanku 2 hari yang lalu. Pagi itu aku bangun dikostan Itin, karena malam-nya aku tidur di kamar Amel. Waktu aku ke kamar Itin, aku minta sepotong coklat dia di stoples. Dan dia ngejawab "gak mau, itu kan mahal. Lagian kalian juga gak pernah ngasih aku coklat". Aku terkejut, tapi mencoba biasa aja. Waktu aku mau ke lab, aku numpang nyetrika kemejaku karena udah kusut abis dipake kemarin. Trus itin bilang, "Kalo mau nyetrika pagi-pagi dong,waktu si mbak juga nyetrika. Kan mahal listriknya buat narik arus setrika lagi". Disitu aku kaget, dan ngerasa kalau kehadiran aku udah gak diinginkan lagi. Dan tadi kata-kata Itin terang-terangan nunjukin kalo dia gak pengen aku nginap di kostannya. Sakit hati banget. Mau gak mau, aku jadi hitung-hitungan juga. Ada masanya ketika dulu dia menyuruh aku untuk datang ke kostannya jam setengah sepuluh malam hanya untuk ngebenerin komputer dia. Atau ketika dia nyuruh aku nginep di kostannya karena gak ada temen di kostan karena semua belum pulang dari mudik. Atau ketika dia butuh teman curhat berhari-hari, bahkan lebih dari sebulan. Aku salah apa sih sebenarnya? Kalau dia bosan ada orang yang sering banget nginep di kostannya, kenapa Nunik yang tiap hari numpang nginep disitu gak di-gitu-in ama dia? Bukan aku jadi iri atau kesal ama Nunik, tapi kalo hanya aku yang digituin berarti ada yang salah. Kalo aku ngelakuin kesalahan, aku ga tau itu apa. Karena selain di kostan, sikap itin biasa aja. Wong sebelumnya kita masih arung jeram bareng di Cimanuk koq.. Hmfff..sakit rasanya diginiin. Selama ini aku berusaha untuk gak hitung-hitungan sama teman. Dulu mungkin pernah, tapi sejak "masalah dulu" itu aku belajar buat gak hitung-hitungan. Tapi ketika aku diperlakukan begini, aku pengen buat membalas, pengen membuat orang itu menyesal. Tapi aku sadar aku ga pengen lagi punya musuh. Apalagi kalo musuh itu teman dekat aku sendiri. Jadi aku mencoba untuk bersikap dewasa dengan mengesampingkan rasa sakit hati ini. Yah,kuakui kalo aku masih sakit hati. Tapi aku gak mau membahas atau menunjukkan kalau aku tersinggung. Aku akan bersikap biasa aja, tapi aku gak akan menginap lagi dikostan Itin dengan alasan apapun. Semalam apapun atau sepagi apapun aku bakal pulang atau nginep di kostan temen lain. Dengan begitu, aku gak akan merasa gak diinginkan lagi dan aku juga gak mengganggu ketentraman itin di kostannya.

No comments: